TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
PRAKTIKUM TEKNOLOGI INFORMATIKA
PENGIMPLEMENTASIAN ALGORITMA DALAM
BERBAGAI MACAM KEGIATAN
Disusun
Oleh :
Kelompok
08
1. William
Ariel Yosia Bunga (21070114120040)
2. Monalisa
Putri Barus (21070114120044)
3. Yineka
Oktaviyanti L. Tobing (21070114120058)
PROGRAM
STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS
TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami sampaikan kepada
Tuhan Yang Maha Esa karena kasih setianya kami dapat mengerjakan makalah ini
dengan baik. Makalah ini berisikan mengenai implementasi algoritma didalam
kehidupan sehari hari dalam bahasa pemogramanan.agar mempermudah dalam
menyelesaikan segala kegiatan dengan efectif. Terima kasih juga kami ucapkan
kepada semua pihak yang telah mendukung kami dalam pengerjaan makalah ini
semoga makalah yang kami buat dapat berguna bagi setiap orang yang membacanya.
Kami juga mohon maaf atas kesalahan
dalam penulisan kata kata yang kurang berkenan dihati para pembaca semoga dari
kesalahan yang telah terjadi dimakalah ini tidak terulang lagi dilain waktu
disaat kami membuat makalah lagi.
Akhir kata kami sampaikan terima
kasih kepada semua pihak yang berperan dalam penyusunan makalah ini.
Minggu,09
November 2014
Kelompok
8
i
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar ...............................................................................................................
i
Daftar
Isi ........................................................................................................................
ii
Bab
1. Pendahuluan ...................................................................................................
1-2
1.1 Latar
Belakang Penulisan
..........................................................................................
1
1.2 Rumusan
Masalah
..................................................................................................
1-2
1.3 Tujuan
Penulisan
.......................................................................................................
2
Bab
2. Pembahasan ....................................................................................................
3-6
2.1 Landasan
Teori .......................................................................................................
3-4
2.2 Implementasi Algoritma Absensi Dengan
Pendeteksian Wajah ............................ . 5
2.3 Implementasi
Algoritma Pencarian Surat dan Ayat pada Alkitab ......................... 5-6
2.4 Implementasi
Algoritma Peletakan Buku di Perpustakaan
....................................... 6
Bab
3. Kesimpulan dan Saran ......................................................................................
7
3.1 Kesimpulan
...............................................................................................................
7
3.2 Saran
.........................................................................................................................
7
Daftar
Pustaka ...............................................................................................................
8
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penulisan
Sehubungan
dengan perkembangan masa kini, kemajuan teknologi sudah menjadi hal yang lumrah
di masyarakat. Tidak bisa dipungkiri lagi kalau perkembangan teknologi zaman
sekarang sudah berkembang jauh dengan pesat.
Pada zaman modern ini, banyak diproduksi
peralatan teknologi yang sangat canggih. Sehingga segala kegiatan manusia sudah
banyak yang dipermudah. Tidak seperti zaman dahulu.
Maka
daripada itu kita harus mempertimbangkan apabila kita tidak mengembangkan perkembangan
ilmu kita ke penerapan membuat suatu teknologi terbaru. Marilah kita selalu
berinovasi dalam mengembangkan perkembangan teknologi sekarang. Penulisan
makalah ini juga dibuat dengan latar belakang untuk memenuhi tugas praktikum
Teknologi Informatika mengenai impelementasi algoritma.
Dalam
kesempatan kali ini kami membuat makalah mengenai implementasi algoritma
kedalam kehidupan sehari-hari. Contohnya penerapannya dalam absensi dengan
pendeteksian wajah, peletakan buku di perpustakaan, dan pencarian ayat alkitab
dengan cepat.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah diatas, yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini
adalah,
1. Bagaimana
mengimplementasikan algoritma ke absensi dengan pendeteksian wajah?
1
2. Bagaimana
mengimplementasikan algoritma ke peletakan buku di perpustakaan?
3. Bagaimana
mengimplementasikan algoritma ke dalam pencarian ayat dalam alkitab?
1.3 Tujuan Penulisan
Adapun
yang menjadi tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas
praktikum Teknologi Informatika dan membantu pembaca untuk lebih memahami apa
itu algoritma dan bagaimana dengan penerapannya untuk membuat sesuatu alat yang
memudahkan manusia.
2
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Landasan Teori
Algoritma
merupakan instruksi yang disusun secara tertulis, berurutan dan logis untuk
menyelesaikan suatu masalah.
Jenis
jenis dari algoritma yaitu:
1.
algoritma gredy,
2.
algoritma brute force,
3.
algoritma dynamic progamming,
4.
branch and bound
5.
algoritma pseucode
6.
algoritma devide and conquer,dan
7.
algoritma flowchart
Aplikasi adalah seperangkat instruksi khusus dalam komputer yang
dirancang agar kita dapat menyelesaikan tugas-tugas tertentu.
Jenis jenis aplikasi yaitu:
1.
Word Processing
program menyunting
naskah.
Contoh : Microsoft
Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.
2.
Desktop Publishing
Merupakan program peengaturan tata letak cetakan pada suatu naskah Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.
Merupakan program peengaturan tata letak cetakan pada suatu naskah Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.
3.
Program Speadsheet
Merupakan programprogram untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.
Merupakan programprogram untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.
4.
Database Management System
Salah satu kegunaan komputer untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
Salah satu kegunaan komputer untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
3
5.
Graphics
aplikasi membuat gambar. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.
aplikasi membuat gambar. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.
6.
Program Akuntasi
Aplikasi yang
berhubungan dengan keuangan. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000,
PeachTree Accounting.
Jenis
jenis dari bahasa pemograman yaitu:
1.
Bahasa mesin
Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu sendiri. Bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang ada di dalam komputer yang biasanya diwakili oleh kode angka 1 dan 0 .
Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu sendiri. Bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang ada di dalam komputer yang biasanya diwakili oleh kode angka 1 dan 0 .
2.
Bahasa asembly
Bahasa asembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan
bahasa rakitan. Bahasa assembly kebanyakan digunakan untuk pengendalian
hardware yang diwujudkan dalam kependekan kata-kata sebagai pengganti kode-kode
biner. Kelanjutan dari bahasa assembly adalah sebuah program yang berguna untuk
mengambil informasi yang dituliskan oleh seorang programmer dalam bahasa
assembly serta menerjemahkannya ke dalam sebuah program yang dapat dieksekusi
oleh komputer, program ini dinamakan assembler.
3. Bahasa tingkat tinggi (high level
languange)
Bahasa tingkat tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang dan terhindar dari bahasa yang sulit yaitu bahsa mesin. Bahasa pemrograman yang termasuk dalam bahasa tingkat tinggi adalah sebagai berikut.:
1. BASIC (Beginners All-purposes Symbolic Instruction Code),
2. LOGO,COBOL (Common Business Oriented Language),
Bahasa tingkat tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang dan terhindar dari bahasa yang sulit yaitu bahsa mesin. Bahasa pemrograman yang termasuk dalam bahasa tingkat tinggi adalah sebagai berikut.:
1. BASIC (Beginners All-purposes Symbolic Instruction Code),
2. LOGO,COBOL (Common Business Oriented Language),
3.PASCAL, Fortran (Formula
Translator),
4. Algol (Algoritma Language),
4. Algol (Algoritma Language),
5.PL/1(Programming
Language),
6.RPG (Report Program Generation),
7. APL (Aritmathic Programming
Language)
4
2.2 Implementasi Algoritma Absensi
Dengan Pendeteksian Wajah
Kita mengetahui bahwa absensi adalah
transaksi yang sangat penting maka dalam melakukan absensi kita harus lebih
detail dan hati hati agar tidak terjadi kecurangan didalam absensi terutama
dalam kalangan para mahasiswa dan untuk menghindari hal itu kita dapat
melakukan implementasi algoritma absensi dengan cara pendeteksian wajah. Dan
jika diterpakan dengan model logaritma itu sangat membantu yaitu dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
Awalnya membuat sebuah database yang
berisi bentuk wajah asli dengan melakukan pengolahan terhadap pola wajah dengan
metode eigenface dimana dimetode ini segala ciri ciri khusus dan umum wajah
disimpan didatabase.
·
Deteksi Wajah
·
Dan saat pengabsenan dibandingkan dengan
wajah asli denagn para mahasiswa dipoto
secara otomatis
·
Setelah keluarlah hasil apakah itu
mahasiswa asli atau tidak
·
Dan jika ia maka mahasiswa tersebut
dikatakan hadir tetapi jika tidak dianggap absen
Dengan cara seperti ini kecurangan
atau yang sering disebut titip absen dikalangan mahasiswa tidak terjadi lagi
dan selain itu membuat keatifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan
bertambah.
2.3 Implementasi Algoritma Pencarian Surat
dan Ayat pada Alkitab
Di zaman yang modren ini kita tahu
segala sesuatu telah tersedia ditelepon genggam seperti alkitab atau bible juga
telah memiliki aplikasi dan jika setiap orang ingin membaca bible dapat
langsung melihat ditelepon genggam walaupun ia tidak membawa alkitab.Dan dalam
mencari setiap ayat dialkitab mungkin sebagian masi agak kesusahan karena
mengingat begitu banyak surat dan ayat selain banyak juga saling berhubungan
antara satu dengan yang lain jadi dapat diatasi dengan mengimpelentasikan
algoritma dalam pencarian surat atau ayat pada bible dengan cara:
·
Awalnya buka aplikasi bible’
·
Tuliskan surat apa yang ingin dicari
5
·
Tuliskan ayat berapa yang diinginkan
·
Klik tombol search
·
Kemudian akan muncul surat dan ayat yang
kita inginkan
Dengan
adanya penerapan algoritma ini dalam pencarian surat dan ayat dapat dicari
dengan mudah dan efektif
2.4 Implementai Algoritma Peletakan
Buku di Perpustakaan
Perpustakaan merupakan gudang buku
yang dapat kita temui dengan mudah diwilayah sekolah tak sedikit pula para
mahasisswa ataupun siswa meminjam buku buku referensi keperpustakaan untuk
membantu dalam mengerjakan tugas misalnya tetapi bagaimana jika perpustakaan
disekolah itu cukup besar dan buku buku didalamnya juga banyak jenisnya pasti
kita untuk menemukannya harus membutuhkan waktu yang lama sedang dan kadang kita
butuh buku itu dalam waktu yang genting belum lagi ternyata kita telah mencari
cari buku itu ternyata sudah habis dipinjam teman teman yang lain dan untuk
mengatasi ketidaknyamanan tersebut maka
dibuat suatu program dengan menerapkan algoritma dan setiap buku diperpustakaan
diberi kode kode agar dalam pencarian mudah ditemukan dan ruang atau rak
bukunya juga diberi kode
·
Masukkan kode buku yang diinginkan
·
Search dan jika dikatakan YA maka buku
masih tersedia
·
Kemudian dilanjutkan dengan pencarian
lokasi buku dibagian rak mana
·
Selesai
6
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
Dengan
berhasilnya pegimplementasian algoritma ke absensi dengan mendeteksi wajah,
peletakan buku di perpustakaan, dan pencarian ayat dalam Alkitab maka
diharapkan segala aktifitas dapat dilakukan dengan mudah dan efektif. Manusia
juga akan lebih gampang dalam menggunakannya.
3.2 Saran
Berdasarkan
makalah tersebut, diharapkan pengimpelementasian algoritma lebih dikembangkan.
Khususnya dalam pembuatan program-program aplikasi yang sering digunakan
sehari-sehari. Sebaiknya diadakan inovasi supaya lebih berkembang dan mudah
digunakan.
7
DAFTAR
PUSTAKA
8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar